Lanjutan Belajar Java

Assalamualikum wr wb
Selamat pagi temen- teman, disini saya akan share lagi lanjutan dari postingan yang sebelumnya. Masih sama topik yg ditulis dalam post ini yaitu tentang belajar bahasa java. Sama seperti sebelumnya saya akan menshare sourcode dan hasil analisanya sebagai bahan pembelajaran. Selamat belajar yg giaat yaaa hehe :D
Program III-1
import java.util.Scanner;
public class Tambah
{
       public static void main( String [] args )
       {
              Scanner input = new Scanner( System.in);
              int number1;
              int number2;
              int sum;

              System.out.print("\nMasukkan Nilai Integer Pertama\t: ");
              number1=input.nextInt();
             
              System.out.print("Masukkan Nilai Integer Kedua\t: ");
              number2=input.nextInt();

              sum=number1+number2;

              System.out.printf("Hasil Penjumlahan \t\t: %d\n",sum);
       }
}

Analisa Program
            Program Tambah adalah program yang menjumlahkan dua variable bertipe integer dimana variabelnya ditentukan dengan menginput dari keyboard. Perintah input tersebut menggunakan class scanner yang sudah ada pada perintah “import java.util.Scanner“.


Program III-2
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

public class GetInputFromKeyboard
{
       public static void main (String[]args)
       {
              BufferedReader dataln = new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));

              String name="";
              System.out.print("\nPlease Enter Your Name\t: ");

              try
              {
                     name=dataln.readLine();
              }
              catch( IOException e)
              {
                     System.out.println("Error!");    
              }
              System.out.println("Hello "+name+"!");
       }
}

Analisa Program
Program GetInputFromKeyboard adlh program menampilkan  “Hello” yang diikuti dengan nama yang diinput dari keyboard. Perintah input tersebut menggunakan class bufferedReader yang telah disertakan pada perintah import java.io.BufferedReader, import java.io.IOException , import java.io.InputStreamReader  “.



Program III-3
import java.awt.*;
public class Grafik extends Panel
{
       public Grafik()
       {
       setBackground(Color.blue);
       }
       public void paint(Graphics g)
       {
              g.setColor(new Color(0,255,0));   //green
              g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));
              g.drawString("Hello GUI World !", 30,100);
              g.setColor(new Color(1.0f,0));  //red
              g.fillRect(30,100,150,10);
       }
      
       public static void main (String []args)  {
              Frame f  = new Frame("Testing Graphics Panel");
              Grafik gp = new Grafik();
              f.add(gp);
              f.setSize(600,300);
               f.setVisible(true);
       }
}
Analisa Program
Program diatas merupakan program dengan GUI (Graphic User Interface) .Abstract Windowing Toolkit (AWT), atau disebut juga “Another Windowing Toolkit”, adalah pustaka windowing bertujuan umum dan multiplatform serta menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di Java. Penggunaan komponen AWT ditandai dengan adanya instruksi : import java.awt.*;. Dengan AWT, kita dapat membuat window, menggambar, manipulasi gambar, dan komponen seperti Button, Scrollbar, Checkbox, TextField, dan menu pull-down.
Program III-4
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKb
{
       public static void main (String []args)
       {
              String name="";
              name=JOptionPane.showInputDialog("Pease Entert Your Name");
              String msg="Hello "+name+"!";
              JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
       }
}

Analisa Program
Program GetInputFromKb merupakan program dengan tampilan GUI dengan dialog box yang menampilkan sapaan Hello + nama , setelah diinputkan dari keyboard . Program ini menggunakan JOptionPane adalah class dari package javax.swing yang memungkinkan user memperoleh tampilan sebuah dialog box sederhana berisikan suatu informasi.  JOptionPane digunakan untuk menginput dan output data dengan tampilan GUI atau grafis, sehingga pemakai lebih mudah menggunakan program.
Program III-5
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
import javax.swing.JOptionPane;

public class GetInputFromKeyboard2
{
       public static void main (String[]args)
       {
              BufferedReader dataln = new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
              String name ="",hobby="";

              name=JOptionPane.showInputDialog("Your Name :");
              hobby=JOptionPane.showInputDialog("Your Hobby :");

              String msg = "So your hobby is "+hobby+" . Nice hobby Mr. "+name;
              JOptionPane.showMessageDialog(null,msg);

              System.out.println("So your hobby is "+hobby+". Nice hobby Mr. "+name);
       }
}

Analisa Program
Program GetInputFromKeyboard2 merupakan program dengan tampilan GUI dengan dialog box yang menampilkan hobby beserta nama , setelah diinputkan dari keyboard . Sama seperti program sebelumnya, program ini menggunakan JOptionPane yang menampilkan GUI dialog box.
Program III-6
public class RelasiDemo
{
       public static void main (String[] args)
       { //some number
      
       int i = 37;
       int j = 42;
       int k = 42;
      
       System.out.println("\nvariable...");
       System.out.println("\ti = " +i);
       System.out.println("\tj = " +j);
       System.out.println("\tk = " +k);

       //bigger than
       System.out.println("\nbigger than...");
       System.out.println("\ti>j = " +(i>j)); //false
       System.out.println("\tj>i = " +(j>i)); //true
       System.out.println("\tk>j = " +(k>j)); //false

       //bigger or equals
       System.out.println("\nbigger or equals...");
       System.out.println("\ti>=j = " +(i>=j)); //false
       System.out.println("\tj>=i = " +(j>=i)); //true
       System.out.println("\tk>=j = " +(k>=j)); //true

       //less than
       System.out.println("\nbigger than...");
       System.out.println("\ti<j = " +(i<j)); //true
       System.out.println("\tj<i = " +(j<i)); //false
       System.out.println("\tk<j = " +(k<j)); //false

       //smaller or equals
       System.out.println("\nsmaller or equals...");
       System.out.println("\ti<=j = " +(i<=j)); //true
       System.out.println("\tj<=i = " +(j<=i)); //false
       System.out.println("\tk<=j = " +(k<=j)); //true

       //equal
       System.out.println("\nequal...");
       System.out.println("\ti==j = " +(i==j)); //false
       System.out.println("\tk==j = " +(k==j)); //true

       //not same as
       System.out.println("\nnot same as...");
       System.out.println("\ti!=j = " +(i!=j)); //false
       System.out.println("\tk!=j = " +(k!=j)); //true

       }
}

Analisa Program
Program RelasiDemo merupakan program yang menampikan bentuk-bentuk relasi dari variable i, j, dan k . Variable tersebut telah diinisialisasikan pada saat pembuatan program. Operator Relasi pada program ini meliputi > , >=, <, <=, ==, dan != . Hasil dari operator logika ini berupa boolean, yaitu true atau false.
Program III-7
public class testAnd{
       public static void main (String[]args){
              int i=0;
              int j=0;
              boolean test=false;
      
              //demo&&
              test = (i>10)&&(j++>9);
              System.out.println(i);
              System.out.println(j);
              System.out.println(test);
      
              //demo&&
              test = (i>10)&&(j++>9);
              System.out.println(i);
              System.out.println(j);
              System.out.println(test);
       }
}

Analisa Program

Program testAnd adalah program yang  membandingkan antara operator logika and (&&) dan operator  boolean and (&). Pada logika and jika variable pertama bernilai false maka variable selanjutnya tidak akan diperiksa lagi karena hasilnya false, jika variable pertama true variable kedua akan diperiksa kembali , hasinya true jika variable tersebut true dan fals bila variabel tersebut false.

0 Response to "Lanjutan Belajar Java"

Post a Comment