Assalamualikum wr wb
Selamat pagi temen- teman, disini saya akan share lagi lanjutan dari postingan yang sebelumnya. Masih sama topik yg ditulis dalam post ini yaitu tentang belajar bahasa java. Sama seperti sebelumnya saya akan menshare sourcode dan hasil analisanya sebagai bahan pembelajaran. Selamat belajar yg giaat yaaa hehe :D
import
java.util.Scanner;
public
class Tambah
{
public static void main( String [] args )
{
Scanner input = new Scanner(
System.in);
int number1;
int number2;
int sum;
System.out.print("\nMasukkan
Nilai Integer Pertama\t: ");
number1=input.nextInt();
System.out.print("Masukkan
Nilai Integer Kedua\t: ");
number2=input.nextInt();
sum=number1+number2;
System.out.printf("Hasil
Penjumlahan \t\t: %d\n",sum);
}
}
Analisa Program
Program Tambah adalah program yang
menjumlahkan dua variable bertipe integer dimana variabelnya ditentukan dengan
menginput dari keyboard. Perintah input tersebut menggunakan class scanner yang
sudah ada pada perintah “import
java.util.Scanner“.
Program
III-2
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.IOException;
import
java.io.InputStreamReader;
public
class GetInputFromKeyboard
{
public static void main (String[]args)
{
BufferedReader dataln = new
BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
String name="";
System.out.print("\nPlease
Enter Your Name\t: ");
try
{
name=dataln.readLine();
}
catch( IOException e)
{
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello
"+name+"!");
}
}
Analisa Program
Program GetInputFromKeyboard adlh
program menampilkan “Hello” yang diikuti
dengan nama yang diinput dari keyboard. Perintah input tersebut menggunakan
class bufferedReader yang telah disertakan pada perintah “import java.io.BufferedReader, import java.io.IOException ,
import java.io.InputStreamReader “.
Program III-3
import
java.awt.*;
public
class Grafik extends Panel
{
public Grafik()
{
setBackground(Color.blue);
}
public void paint(Graphics g)
{
g.setColor(new
Color(0,255,0)); //green
g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));
g.drawString("Hello GUI World
!", 30,100);
g.setColor(new
Color(1.0f,0)); //red
g.fillRect(30,100,150,10);
}
public static void main (String []args) {
Frame f = new Frame("Testing Graphics
Panel");
Grafik gp = new Grafik();
f.add(gp);
f.setSize(600,300);
f.setVisible(true);
}
}
Analisa Program
Program
diatas merupakan program dengan GUI (Graphic User Interface) .Abstract
Windowing Toolkit (AWT), atau disebut juga “Another Windowing Toolkit”, adalah
pustaka windowing bertujuan umum dan multiplatform serta menyediakan sejumlah
kelas untuk membuat GUI di Java. Penggunaan komponen AWT ditandai dengan adanya
instruksi : import java.awt.*;.
Dengan AWT, kita dapat membuat window, menggambar, manipulasi gambar, dan
komponen seperti Button, Scrollbar, Checkbox, TextField, dan menu pull-down.
Program
III-4
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class GetInputFromKb
{
public static void main (String []args)
{
String name="";
name=JOptionPane.showInputDialog("Pease
Entert Your Name");
String msg="Hello
"+name+"!";
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
}
}
Analisa Program
Program
GetInputFromKb merupakan program dengan tampilan GUI dengan dialog box yang
menampilkan sapaan Hello + nama , setelah diinputkan dari keyboard . Program ini menggunakan JOptionPane adalah class dari package javax.swing yang
memungkinkan user memperoleh tampilan sebuah dialog box sederhana berisikan
suatu informasi. JOptionPane
digunakan untuk menginput dan output data dengan tampilan GUI atau grafis,
sehingga pemakai lebih mudah menggunakan program.
Program
III-5
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.IOException;
import
java.io.InputStreamReader;
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class GetInputFromKeyboard2
{
public static void main (String[]args)
{
BufferedReader dataln = new
BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
String name
="",hobby="";
name=JOptionPane.showInputDialog("Your
Name :");
hobby=JOptionPane.showInputDialog("Your
Hobby :");
String msg = "So your hobby
is "+hobby+" . Nice hobby Mr. "+name;
JOptionPane.showMessageDialog(null,msg);
System.out.println("So your
hobby is "+hobby+". Nice hobby Mr. "+name);
}
}
Analisa Program
Program
GetInputFromKeyboard2 merupakan program dengan tampilan GUI dengan dialog box yang
menampilkan hobby beserta nama , setelah diinputkan dari keyboard . Sama
seperti program sebelumnya, program ini menggunakan JOptionPane yang
menampilkan GUI dialog box.
Program
III-6
public
class RelasiDemo
{
public static void main (String[] args)
{ //some number
int i = 37;
int j = 42;
int k = 42;
System.out.println("\nvariable...");
System.out.println("\ti = "
+i);
System.out.println("\tj = "
+j);
System.out.println("\tk = "
+k);
//bigger than
System.out.println("\nbigger
than...");
System.out.println("\ti>j =
" +(i>j)); //false
System.out.println("\tj>i =
" +(j>i)); //true
System.out.println("\tk>j =
" +(k>j)); //false
//bigger or equals
System.out.println("\nbigger or
equals...");
System.out.println("\ti>=j =
" +(i>=j)); //false
System.out.println("\tj>=i =
" +(j>=i)); //true
System.out.println("\tk>=j =
" +(k>=j)); //true
//less than
System.out.println("\nbigger
than...");
System.out.println("\ti<j =
" +(i<j)); //true
System.out.println("\tj<i =
" +(j<i)); //false
System.out.println("\tk<j =
" +(k<j)); //false
//smaller or equals
System.out.println("\nsmaller or
equals...");
System.out.println("\ti<=j =
" +(i<=j)); //true
System.out.println("\tj<=i =
" +(j<=i)); //false
System.out.println("\tk<=j =
" +(k<=j)); //true
//equal
System.out.println("\nequal...");
System.out.println("\ti==j = "
+(i==j)); //false
System.out.println("\tk==j = "
+(k==j)); //true
//not same as
System.out.println("\nnot same
as...");
System.out.println("\ti!=j = "
+(i!=j)); //false
System.out.println("\tk!=j = "
+(k!=j)); //true
}
}
Analisa Program
Program RelasiDemo
merupakan program yang menampikan bentuk-bentuk relasi dari variable i, j, dan
k . Variable tersebut telah diinisialisasikan pada saat pembuatan program.
Operator Relasi pada program ini meliputi > , >=, <, <=, ==, dan !=
. Hasil dari operator logika ini berupa boolean, yaitu true atau false.
Program
III-7
public
class testAnd{
public static void main (String[]args){
int i=0;
int j=0;
boolean test=false;
//demo&&
test =
(i>10)&&(j++>9);
System.out.println(i);
System.out.println(j);
System.out.println(test);
//demo&&
test =
(i>10)&&(j++>9);
System.out.println(i);
System.out.println(j);
System.out.println(test);
}
}
Analisa Program
Program testAnd adalah program yang membandingkan antara operator logika and (&&) dan operator boolean and
(&). Pada logika and jika variable pertama bernilai false maka
variable selanjutnya tidak akan diperiksa lagi karena hasilnya false, jika
variable pertama true variable kedua akan diperiksa kembali , hasinya true jika
variable tersebut true dan fals bila variabel tersebut false.
0 Response to "Lanjutan Belajar Java"
Post a Comment